Tingkatkan Mutu Layanan, Disnakertrans Luncurkan Dua Program

Tingkatkan Mutu Layanan, Disnakertrans Luncurkan Dua Program
Kepala Disnakertrans Provinsi Riau, Roni Rakhmat diwawancara wartawan. (bgnnews)

Pekanbaru, BGNNEWS.CO.ID - Untuk tingkatkan pelayanan kepada masyarakat, tenaga kerja dan pihak perusahaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau luncurkan dua program Lapor Wak! yang beroperasi melalui nomor layanan WhatsApp dan situs web pengaduan khusus yang dinamakan Si Duta.

''Kedua inovasi digital ini sebagai upaya Pemerintah Provinsi Riau untuk meningkatan mutu layanan. Kedua layanan digital ini diciptakan sebagai respon atas kebutuhan masyarakat akan kemudahan akses pengaduan dan transparansi pelayanan publik,'' kata Kepala Disnakertrans Provinsi Riau, Roni Rakhmat yang dihubungi wartawan, Minggu (23/11/2025).

Inovasi pertama, Si Duta (Sistem Informasi Pengaduan Ketenagakerjaan), secara spesifik didedikasikan untuk melayani pengaduan permasalahan yang berhubungan dengan bidang ketenagakerjaan.

Masyarakat kini dapat menyampaikan keluhannya, seperti terkait upah, pemutusan hubungan kerja (PHK), atau perselisihan industri, dengan mudah melalui situs resmi Disnakertrans Riau.

''Untuk pelayanan pengaduan permasalahan ketenagakerjaan, masyarakat bisa menggunakan aplikasi Si Duta melalui nomor WhatsApp 08117573033 atau melalui situs resmi kami di alamat https://disnakertrans.riau.go.id/,'' kata Roni Rakhmat.

Roni menjelaskan, kemudahan akses berbasis situs ini diharapkan mampu memangkas birokrasi dan mempercepat penanganan masalah-masalah krusial di dunia kerja.

Sementara itu, inovasi kedua adalah Lapor Wak! sebuah pusat pelayanan pengaduan yang berfokus pada keluhan pelayanan publik dan kinerja internal pegawai Disnakertrans Riau. Program ini dirancang untuk memastikan bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan dinas bekerja secara profesional dan akuntabel.

Roni mengungkapkan, Lapor Wak! adalah bentuk transparansi dan upaya perbaikan berkelanjutan atas kinerja pegawai. Ia secara langsung memberikan akses ke nomor pribadinya untuk memfasilitasi pengaduan publik ini.

“Inovasi ini untuk pengaduan keluhan pelayanan publik Disnakertrans Riau. Masyarakat bisa melaporkan langsung ke nomor WhatsApp saya, di nomor 08117526266,” tegas Roni Rakhmat.

Ia menambahkan bahwa semua inovasi ini, baik Si Duta maupun Lapor Wak!, dilakukan semata-mata untuk memberikan pelayanan yang prima. Data menunjukkan bahwa di tengah perkembangan industri dan jumlah tenaga kerja yang semakin meningkat di Riau, diperlukan sistem pengaduan yang cepat dan terintegrasi untuk menjaga iklim investasi dan ketenangan kerja. (jdi/bgnnews)

Berita Lainnya

Index